Senin, 10 Oktober 2016

Faktor migrasi



Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi migrasi yaitu :
1.       Faktor ekonomi       : fator ekonomi menjadi penyumbang terbesar jumlah migrasi yang terjadi di suatu wilayah. Seseorang atau kelompok akan cenderung mendatangi tempat yang dianggap oleh mereka sebagai tempat yang lebih mudah untuk mencari uang.
2.       Faktor sosial budaya             : faktor sosial budaya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang bermigrasi. Contoh dari fakor ini dapat dilihat ketika ada pernikahan, wanita atau istri akan ikut pindah ke tempat domisili dari suami.
3.       Faktor kestabilan politik       : faktor ini juga menjadi salah satu pendorong seseorang untuk melakukan migrasi, karena kondisi politik yang tidak baik juga akan mempengaruhi banyak hal seperti ekonomi yang tidak stabil, dan tingkat  keamanan yang kurang.
Selain faktor yang mempengaruhi migrasi seperti diatas adapula faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan migrasi :
1.       Adanya kesempatan untuk memperbaiki taraf hidup.
2.       Adanya kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik.
3.       Keinginan untuk hidup di tempat yang memiliki kemudahan dari segi fasilitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar