Rabu, 05 Juli 2017

Teori obyektif dan subyektif dalam buku Garis Besar Estetika

1. Perbedaan Teori Obyektif dan Subektif

    a. Teori Obyektif adalah teori yang menyatakan bahwa keindahan sebuah benda terletak pada benda tersebut.


   b. Teori Subyektif adalah teori yang menyatakan bahwa keindahan sebuah benda terletak pada mata yang memandang, artinya nilai keindahan dari benda tersebut tergantung dari penikmatnya apakah benda tersebut bernilai tinggi atau sebaliknya.

2. Perbedaan Puisi dan Prosa

   a. Prosa adalah karya sastra yang berbentuk cerita dan tidak mengandung rima (bunyi yang berselang/berulang di akhir baris. Prosa cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak terlalu banyak menggunaka majas seperti puisi. Selain itu, jenis tulisan prosa juga digunakan untuk memaparkan suatu fakta atau ide.

   b. Puisi adalah jenis sastra yang bahasanya menggunakan majas-majas. Makna dalam tiap baris kalimatnya bukanlah makna sebenarnya, melainkan perlu penafsiran terlebih dahulu. Kata-kata dalam puisi dipiliha dan ditata dengan cermat untuk membangun keindahan, sehingga mampu membangkitkan kesadaran orang akan suatu pengalan melalui bunyi, irama, dan makna khususnya.

3. Ekspresi dan Intuisi

   a. Ekspresi adalah suatu sifat ungkapan dari berbagai kombinasi bahasa tubuh. Bisa saja dalam keadaan tidur, makan, senang, susah, gembira, bangga, selebrasi, iri, tidak suka, jahat,cinta, baik, nakal, dsb.

  b. Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar